Rabu, 27 Januari 2016

New Peugeot 3008

New Peugeot 3008
Penyegaran desain ringan dengan peningkatan tenaga.

Review New Peugeot 3008 - Peugeot 3008 versi awal mulai dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2010 dan kini crossover pabrikan Prancis berlogo singa jingkrak tersebut mendapat penyegaran ringan serta perubahan performa yang cukup signifikan. Sebagai sebuah crossover, sejatinya merupakan hasil kawin silang antara SUV dengan MPV. Pada Peugeot 3008, hal tersebut tampak dari ground clearance yang cukup tinggi dengan desain hampir menyerupai dimensi MPV kompak, dengan kaca depan landai, dan bagian belakang yang membungkuk. Hasil rancang bangun tersebut menurut kami cukup pintar karena dengan bentuk dan kepraktisan yang akan menarik para penikmat MPV, konsumen juga akan mendapatkan ground clearance ala SUV.
Untuk penyegaran, 3008 mendapat operasi wajah yang menjadikannya terlihat lebih modern dan dinamis. Bagian grille kini menggunakan desain dua palang, lampu depan utama diubah lebih tajam dengan DRL (Daytime Running Light), dan trim foglamp kini dihiasi strip krom yang elegan. Selain itu, desain baru dari velg alloy 17 inci semakin menguatkan aura modern dari Peugeot 3008.
Memasuki kabin 3008 langsung memancar kuat aura interior yang lega dan praktis. Dengan posisi duduk yang cukup tinggi dan kaca depan yang landai menghasilkan area pandang yang luas bagi pengemudi. Posisi duduk tinggi dan nyaman sangat mendukung pengendaraan yang dinamis dan menyenangkan.


New Peugeot 3008
Berbicara kepraktisan, Peugeot 3008 layak diacungi dua jempol sekaligus karena selain menawarkan penyimpanan pada konsol tengah yang cukup lega dan ditemani dua ruang untuk botol minum, Anda masih akan menemukan kompartemen di bawah palang kemudi, glove box, ruang tersembunyi di bawah dasar kaki penumpang, dan masih banyak lagi tempat untuk menyelipkan botol minum. Belum lagi, skema bagasi yang terdiri dari dua tingkat serta dengan split rear tailgate yang dapat dibuka menjadi dua bagian untuk kemudahan akses ke bagasi. Selain itu, apabila memerlukan ruang penyimpanan lebih besar, Anda dapat melipat bangku baris kedua.
Perubahan minor lainnya yang cukup signifikan datang dari sektor jantung mekanis berkode EP6CDTM. Mesin turbo berkapasitas 1.6 liter-nya kini dapat menyediakan tenaga hingga 163 hp pada 6.000 rpm, dari yang sebelumnya hanya 156 hp. Untuk torsinya mencapai 240 Nm yang mulai tersedia di putaran rendah 1.400 rpm.
Akselerasi 3008 cukup responsif dan terasa pas, tidak kurang dan tidak lebih, serta minimnya turbo lag sangat mendukung pengendalian yang menyenangkan dari Peugeot 3008. Bobot lingkar kemudinya pun terasa sangat pas, memberikan kepercayaan diri dalam bermanuver walaupun mobilnya terbilang tinggi. Selain itu, Electronic Stability Program (ESP) siap membantu menjaga kestabilan dan menghindarkan dari gejala understeer dan oversteer. Saat dicoba berbelok dengan kecepatan tinggi masih terasa gejala body roll, namun terbilang minim jika melihat pada dimensi dan bentuk dari Peugeot 3008.

New Peugeot 3008
Di samping tuas transmisi otomatis 6-speed tiptronic terdapat dua tombol kecil yang akan mengubah mode pengendaraan, yakni mode S yang seketika akan melonjakkan putaran mesin dan mengubah rasa berkendara lebih sporty dan redaman suspensi sedikit lebih kaku saat diaktifkan. Tombol berikutnya merupakan mode Snow yang sejatinya mengoptimalkan traksi ketika berkendara di jalanan bersalju, namun di iklim tropis Indonesia mode ini bisa digunakan untuk jalanan yang licin seperti saat hujan.
Peugeot 3008 terbaru juga dibekali cruise control, speed limiter dengan minimal 25 kpj, Electronic Parking Brake, dan 6 titik airbag. Semua perubahan ini sepertinya sudah lebih dari cukup untuk sebuah facelift.



DATA FAKTA
Rentang harga
Ex-showroom price:Rp 448.600.000 (OFR)
Mesin
Instalasi:Turbo 1.6 liter EP6CDTM
Tenaga:163 hp @ 6.000 rpm
Torsi:240 Nm @1.400 rpm
Transmisi
Tipe:6-speed otomatis
Suspensi
Depan:Pseudo-McPherson
Belakang:Deformable crossmember

Tidak ada komentar:

Posting Komentar