Kamis, 28 Januari 2016

All new Mitsubishi Pajero Sport

So Good
- Mewah - Torsi - Pengendalian
No Good
- Mesin tidak berubah - Peredaman
All New Mitsubishi Pajero Sport
Kami menguji All new Mitsubishi Pajero Sport, penantang All new Toyota Fortuner.

Meski belum diluncurkan secara resmi, namun PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sudah menyelenggarakan sesi tes drive perdana bagi komunitas dan juga jurnalis nasional. Bertempat di Segarra, Ancol, Jakarta Utara (20/1/2016) Autocar Indonesia juga berkesempatan untuk menguji performa dan keandalan dari SUV Mitsubishi ini.
Meski rute yang disediakan cukup singkat namun kami sudah bisa merasakan seperti apa perubahan dan revisi pada mobil keluarga yang menjadi tulang punggung penjualan Mitsubishi di sektor kendaraan penumpang ini.
Ada tiga model yang disediakan oleh KTB, Dakar 4x2, Exceed 4x2 dan Dakar 4x4. Karena kami sudah mencoba varian 4x4 dengan medan lebih ekstrim di Jepang beberapa waktu silam, maka fokusnya pada Dakar 4x2 dan Exceed 4x2 saja.

Sebagai informasi untuk tampilan luar pembeda antara Dakar dan Exceed adalah pada bagian velg, jika Dakar mengadopsi velg 18 inci dengan dual tone, pada Exceed masih mengandalkan velg 17 inci dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan Pajero Sport lama.
Masuk ke dalam kabin, baru kesan mewah Dakar lebih mencolok jika dibandingkan dengan Exceed. Dakar telah dilengkapi dengan sunroof sementara Exceed tidak. Jok kulit berwarna hitam tersedia pada Dakar sementara untuk Exceed masih mengandalkan jok berbahan fabric.
Perbedaan yang sangat signifikan ada dibalik bonnetnya. Karena untuk Dakar Mitsubishi sudah membekalinya dengan mesin baru 4N15 serta transmisi 8-speed yang juga baru. Sedangkan untuk Exceed KTB masih percaya dengan mesin lama 4D56 serta transmisi lama.
Saat mencoba mesin baru yaitu mesin diesel DOHC MIVEC 16v yang telah dilengkapi dengan Variable Geometric Turbocharger tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 181 ps dengan torsi 430 Nm. Tenaganya terasa linear saat diuji dengan kecepatan rendah, namun begitu pedal gas diinjak lebih dalam respon mesin langsung seketika bertenaga tanpa terasa adanya perpindahan gear yang mengganggu.

Transmisi 8-speed baru membuat putaran mesin lebih rendah untuk mencapai efisiensi yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Namun yang paling kentara adalah pada peredaman suspensi pada Pajero Sport terbaru ini. Sasis yang direvisi dengan racikan suspensi baru membuat mobil ini terasa jauh lebih lembut dari yang lama namun saat diajak untuk bermanuver mobil ini tetap nyaman dan stabil berkat adanya fitur stabilitas yang disediakan sebagai fitur standar.
Selain itu juga kekedapan kabin mendapat perbaikan sehingga kini suara mesin dapat direduksi sehingga sangat minim masuk ke dalam kabin.
Untuk varian Exceed dari sisi performa mesin tidak ada yang berubah signifikan karena masih mengandalkan mesin dan transmisi lama. Namun untuk sisi suspensi dan kabin sama seperti Dakar dengan peredaman yang lebih lembut dari generasi sebelumnya. Untuk harga dan spesifikasi lengkap baru akan diumumkan oleh KTB pada peluncuran resminya pada tanggal 29/1 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar