Senin, 18 Januari 2016

PILIHAN MOBIL BEKAS PIKAP DOUBLE CABIN DI INDONESIA


Populasi double cabin di Indonesia memang tidak sebanyak segmen lainnya. Meski sebagai mobil pekerja, pabrikan juga menyediakan varian lebih mewah. Berikut pilihan mobil bekas pikap double cabin di Indonesia.
Nissan Navara, Meskipun terdapat penyegaran dengan embelembel Sport Version, mobil ini tidak mengalami perubahan mesin dari pendahulunya. Yang berubah hanyalah sebatas tampilan yang merujuk ke arah desain sporti.

Mesin turbo diesel common-rail yang menggunakan kode YD25DDTI berkapasitas 2.488 cc mampu menghasilkan tenaga 174 dk dan torsi maksimum 402 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm. Cukup bertenaga sebagai kendaraan pekerja.

Makanya Navara unggul dalam performa karena dapat mencatat 11,1 detik untuk akselerasi 0-100 km/jam. Sayangnya konsumsi BBM mobil ini tak sebaik dibanding rivalnya. Sementara di jalan bebas hambatan ia hanya mampu mengolah 11 km/l dan di rute dalam kota 8,7 km/l.


Mitsubishi Strada Triton, Triton yang memiliki paras agresif, terlihat lebih menarik dibandingkan rival sekelasnya. Bicara soal fitur sistem penggerak, ia pun memiliki penggerak 4x4 part time bernama Easy Select 4WD.

Pada Triton yang menggunakan transmisi manual, pengaturan sistem penggerak menggunakan tuas, sedangkan pada Triton bertransmisi otomatis sudah menggunakan pengaturan sistem penggerak roda dengan kenop putar.

Karena harganya lebih terjangkau dibanding rivalnya, populasi Triton pun besar dan menjadi sebuah kelebihan. Tidak sulit untuk mendapatkan beberapa pilihan agar mendapatkan yang terbaik.
Ford Ranger, Ranger memiliki kelebihan soal konektivitas head unit. Ia menyajikan koneksi Bluetooth dan teknologi pintar voice command. Dengan voice command, pengemudi bisa mengontrol radio, CD, iPod, USB hingga sistem penyejuk udara dan telepon via perintah suara.

Kelebihan lain dari Ranger ialah soal bantingan yang dimilikinya. Suspensi miliknya mampu meredam baik ketika ia melewati jalan berbatu. Ranger juga dilengkapi fitur Hill Descent Control (HDC) yang beroperasi menahan kecepan ketika melalui jalan menurun yang curam.
Nissan NavaraMitsubishi Strada TritonFord Ranger
Harga: Rp 250 – 300 juta
Tahun: 2011 – 2013
Mesin: 2.488 cc 4 silinder, 174 dk

+: Performa, suspensi empuk
-: Konsumsi BBM, fitur
Harga: Rp 135 – 255 juta
Tahun: 2011 – 2013
Mesin: 2.477 cc 4 silinder, 178 dk

+: Performa, AC climate control
-: Konsumsi BBM, suspensi keras, harga
Harga: Rp 180 - 250 juta
Tahun: 2011 – 2013
Mesin: 2.953 cc 4 silinder turbodiesel, 156 dk

+: Desain eksterior, hill descent control lebih pelan, durabilitas
-: interior kuno
Konsumsi BBM tol/dalam kota: 11/8,7 Km/l
Kapasitas Tangki: 80 liter
Konsumsi tol/BBM dalam kota: 14/10,5 Km/l
Kapasitas Tangki: 75 liter
+: Desain eksterior, hill descent control lebih pelan, durabilitas
-: interior kuno

Our Opinion
Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing, jika Anda mementingkan performa bisa memilih Nissan Navara. Sementara untuk tampilan tentu pilhan pada Ford Ranger. Tapi Mitsubishi Triton menawarkan hal yang lain. Selain populasi besar, dari segi value for money ia lebih baik. Tenaga mesin serta kemampuannya di medan off-road juga berimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar