Jumat, 05 Februari 2016

Sedan Langka Tercepat Dunia Menampakkan Diri

Pemilik coupe ini adalah Gildo Pastor, seorang konglomerat di bidang real estate.

Monte Carlo - Bugatti sudah sejak lama dikenal sebagai pabrikan yang memproduksi mobil-mobil berkemampuan mumpuni. Sebelum Veyron berjaya, Bugatti sempat membangun sebuah coupe empat pintu yang diberi nama EB112 pada 1991.

Beberapa waktu lalu sebuah Bugatti EB112 menampakkan diri di jalanan Monaco. Setelah diselidiki, pemilik coupe ini adalah Gildo Pastor, seorang konglomerat di bidang real estate. Sebelumnya mobil yang sama pernah menampakkan diri melenggang di jalanan sekitar dua tahun lalu.

Dilansir Gtspirit, Selasa (30/6/2015), EB112 ini sangat langka karena hanya dibangun Bugatti sebanyak tiga unit. Salah satu diantaranya sudah dimiliki oleh Giorgetto Giuraro yang merupakan si perancang konsep ini. 

Adapun pabrikan yang bermarkas di Molsheim, Perancis tersebut memperkenalkan EB112 di Geneva Motor Show 1993 untuk mendapatkan masukan dari masyarakat terhadap coupe mewah yang sangat cepat.

Dari sisi estetika, Bugatti EB112 memiliki aura premium ala mobil buatan 1920-30an. Interior coupe ini juga telah mengadopsi gaya modern dan menggunakan kulit terbaik.

Sebagai jantung mekanisnya, Bugatti membekali EB112 dengan mesin V12 6,0 liter yang sanggup menyemburkan tenaga hingga 450 Tk. Coupe ini pun mampu melesat hingga 100 km/jam dalam 4,3 detik dengan kecepatan maksimum 300 km/jam.

EB112 dibangun dengan material bodi alumunium dan rangka dari serat karbon. Penggunaan kedua komponen tersebut terbilang inovasi yang sangat canggih yang dilakukan pabrikan mobil. Sementara itu, posisi mesin berada di belakang roda depan sehingga meningkatkan distribusi berat dan kontrol kendaraan.

Bugatti juga sudah memasukkan EB112 ke lini produksi pada 1996. Namun sayangnya,  produksi urung dilakukan karena keterbatasan dana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar