Kamis, 11 Februari 2016

Ini Dia 3 Keunggulan Busi Iridium Yang Wajib Anda Ketahui

Banyak yang mengatakan bahwa jika motor menggunakan busi iridium katanya bisa mendongkrak permance motor dibandingkan jika menggunakan busi bawaan standard dari pabrikan saat membeli motor. Untuk harganya, busi iridium ini bervariasi tergantung toko yang menjual untuk harga umumnya biasanya di patok dengan harga kurang lebih berkisar 100 ribuan. Untuk Mereknya sendiri ada banyak yang cukup terkenal yaitu merek Denso dan NGK.Nah untuk bikers yang baru kecemplung dunia otomotif apakah jika menggunakan busi tersebut ada dampak untung ruginya jika memakai busi iridium…? apa dampaknnya pada mesin motor jika menggunakan busi tersebut untuk harian…?
Seperti yang kita ketahaui bahwa busi iridium adalah sebuah elemen logam yang sangat keras , anti korosi dan juga tahan panas. Selain itu busi iridium ini memiliki bahan elektroda meterial yang mempunyai titik didih yang cukup tinggi yaitu berkisar antara 2500 derajat celciul.Akibat kekuatan yang dihasilkan tersebut diera abad 20 , Iridium dipilih oleh para produsen busin untuk meracing busi dengan durability yang lebih dibandigkan busi yang biasa (pada umumnya). Pembakaran juga lebih fokus pada satu titik sehingga dipercaya mampu melayani mesin racing membutuhkan percikan api yang mumpuni.
Busi Motor Iridium

Berikut ini ada beberapa sifat busi iridium yang saya peroleh dari baca2 di website mas iwan banaran yang mungkin bisa menjadi referensi anda dan menambah ilmu mengenai bidang otomotif.

Kelebihan Busi Iridium

berikut ini beberapa keunggulan atau kelebihan yang saya kutip dari situs mas iwanbanaran.com
  • Busi iridium dikatakan bagus karena busi model ini lebih tahan panas, selain itu memiliki bahan elektroda lebih kecil dibanding busi reguler
  • Membutuhkan tegangan yang lebih rendah untuk memicu pembakaran sehingga jarang terjadi kegagalan saat starter
  • Pembakaran yang dihasilkan lebih presisi, konsisten serta efisien (more efficient combustion)
  • Meningkatkan respon gas saat di geber maupun slow
  • Meningkatkan keiritan (tergantung gaya berkendara), keiritan disini saat anda menggunakan motor tersebut, jika anda mengguakan motor dengan mengeber gas motor tentunya akan boros tapi beda halnya jika anda mengendarai motor dengan stabil normal untuk tarikan tuas gasnya. Misalnya laju jalannya standard di angkat 40 terus, atau 60 terus.
  • Lebih awet (tergantung desain). Dari beberapa penelitian busi Iridium lebih awet hingga 10 kali lipat dibanding busi standart.
  • Dipercaya meningkatkan tenaga mesin sekitar 1-3% , untuk tenaga memang iya , tapi hasilnya tidak signitifikan hanya 3% pengaruhnya tidak terlalu tinggi
  • Meningkatkan kualitas emisi gas buang (lebih ramah lingkungan)

Keistimewaan Busi Iridium :

  1. Inti elektrodanya kecil hanya mempunyai ukuran 0.4mm di bandingkan dengan yang busi standar , untuk busi standard sendiri mempunyai ukuran sekitar  2,5mm sehingga medan listrik menjadi besar pada ujung elektrodanya yang kecil dan fokus sehingga untuk memercikkan api dibutuhkan tegangan listrik yg rendah
  2. Mesin lebih mudah di hidupkan,mengurangi kegagalan pembakaran,sehingga bensin jadi lebih irit,
  3. Tenaga mesin bisa bertambah dan tentunya bisa memperbaiki akslerasi motor menjadi lebih cepat tapi tidak signitifikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar