Senin, 15 Februari 2016

Kenali Gejala Kerusakan Rem


Gejala Kerusakan Rem | Agar tetap safety, hayuk kenali beberapa gejala kerusakan rem pada kendaraan yang biasa kita tumpangi. Ini untuk gejala kerusakan rem pada kendaraan yang menggunakan sistem rem cakram.
caliper rem mobil
Setidaknya ada tiga hal yang menjadi tanda kerusakan rem atau gejala keausan rem pada kendaraan bermotor. Baik itu gejala kerusakan rem pada motor dan pada mobil, adalah sama saja tanda-tandanya.
Bunyi rem. Suara rem yang melengking saat melakukan pengereman adalah hal yang menunjukan tanda kalau rem tengah bermasalah. Biasanya suara tersebut merupakan tanda kalau kanvas rem sudah usang atau sudah tipis dan harus segera diganti. Hal lain yang menjadi penyebab timbulnya bunyi rem melengking adalah penggunaan suku cadang kanvas rem yang kurang baik atau berkualitas rendah sehingga gesekan yang terjadi pada rem tidak maksimal dan menimbulkan suara melengking
Rem terasa lembut. Ketika udara atau air masuk ke dalam sistem pengereman, bisa dipastikan akan merasakan pedal rem atau handle rem yang sangat lembut.  Karat atau korosi adalah hal yang akan menyusul di kemudian hari bila ini dibiarkan begitu saja. Udara dalam  sistem pengereman akan memaksa untuk menekan pedal rem atau handle rem lebih dalam dari yang biasanya untuk menghentikan kendaraan. Dan air di dalamnya akan berpengaruh pada kinerja caliper master cakram.
Rem bergetar. Kalau terasa ada getaran saat melakukan pengereman, bisa jadi ini menjadi indikasi bahwa caliper rem telah lengket atau caliper rem tidak bekerja dengan baik karena ada karat. Jika didiamkan, hal ini akan membuat kanvas rem menjadi habis tidak rata. Membuat setir kemudi bergetar dan akhirnya memperpendek usia komponen sparepart bagian rem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar